Kamis, 11 Oktober 2012

Reportase Koperasi

saya mendapat tugas dari dosen matakuliah softskill, yaitu reportase tentang koperasi dengan menggunakan 5W+1H. saya mewawancarai salah satu koperasi di salah satu kantor departemen ********** (sebut saja koperasi maju mundur) disalah satu daerah pasar minggu. saya langsung menemui penanggung jawab koperasi dan bertanya tanya seputar koperasi tersebut, inilah hasil dari wawancara saya dengan pengurus koperasi itu. Nama koperasi saya rahasiakan dan nama narasumber saya samarkan.
D: saya
B: pengurus koperasi





1.       D : Menurut anda, apa itu koperasi???
A : Menurut saya, koperasi adalah orang-orang yang secara sukarela untuk memenuhi kebutuhan dan aspirasi ekonomi sosial melalui perusahaan yang dimiliki bersama dan diawasi secara demokratis

2.       D : Apa tujuan didirikannya koperasi tersebut??
A:  Memajukan kesejahtraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya serta ikut membangun tatanan perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat maju, adil, dan makmur berlandaskan Pancasila dan UUD 1945

3.       D : Siapa saja yang bisa bergabung dalam koperasi ini??
A : Tentu saja semua orang bisa bergabung dalam koperasi ini.

4.       D : Kapan koperasi ini didirikan??
A : 8 Agustus 2002

5.       D : Berapa banyak anggota dikoperasi ini??
A : Kurang lebih sekitar 760 orang.

6.       D : Berapa simpanan pokok di koperasi ini?
A : Rp. 100.000

7.       D : Berapa simpanan wajib di koperasi ini?
A : Rp. 25.000

8.       D : Berapa jumlah pinjaman yang diberikan di koperasi ini?
       A : Jumlah pinjaman kepada anggota saat ini sudah ditingkatkan dari Rp. 10.000.000 menjadi Rp. 25.000.000

9.     D : Bagaimana cara nya untuk menjadi anggota di koperasi ini?
            A : Dengan menyerahkan fotokopi KTP dan KK

10.   D : Bagaimana anda mengelola koperasi ini ??
 A : Prinsipnya dana yang dikumpulkan hanya dari anggota. Pinjaman dan hasil hanya diberikan kepada anggota koperasi

11.   D : Apa anggota dikenakan bunga jika ingin menyimpan uangnya dikoperasi ini??
 A : Ya, anggota dikenakan bunga sebesar 8% per bulan

itulah hasil dari wawancara saya kepada koperasi maju mundur, mohon maaf jika banyak kekurangannya. terima kasih

 
dibuat oleh: Dini Nastiti Putri
                      29211340
                      2EB11


 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar